Halaman

Senin, 31 Januari 2011

PENDAFTARAN BAKAL CALON BUPATI/WAKIL BUPATI MAJENE BAKAL DIGELAR

KPU majene akan menggelar tahapan pendaftaran calon bupati/wakil bupati minggu ini tepatnya 3 februari 2011. Sesuai dengan regulasi KPU Majene, tahapan pendaftaran bakal pasangan calon akan berlangsung 3 hingga 9 februari 2011.
Pada rentang waktu tersebut KPU akan membuka pendaftaran dengan menerima berkas administratif pencalonan dari partai pengusung dan bakal pasangan calon. Sesuai aturan, parpol atau gabungan parpol yang mengusung bakal calon harus memenuhi persyaratan memperoleh kursi pada pemilihan DPRD 2009 paling rendah 4 kursi atau perolehan suara sah hasil pileg 2009 paling rendah 11.024 suara sah. Parpol atau gabungan parpol tersebut menyerahkan surat pencalonan yang ditandatangani ketua dan sekretaris parpol atau para ketua dan para sekretaris parpol yang bergabung.
Para bakal calon pasangan yang akan diusung wajib hadir pada saat mendaftar serta melengkapi lampiran syarat-syarat administrasi pencalonan lainnya, misalnya; surat pernyataan pengunduran diri sejak pendaftaran dari jabatan negeri bagi calon yang berasal dari PNS, POLRI atau TNI, yaitu surat pernyataan yang bersangkutan tidak aktif dalam jabatan struktural atau jabatan fungsional yang disampaikan kepada atasan langsungnya untuk diketahui. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan Keputusan KPU Majene nomor 14 tahun 2010 tentang pencalonan pada pasal 15 ayat 2 butir f, yang juga dijelaskan pada UU no. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah terakhir dengan UU No. 12 tahun 2008.
Setelah masa pendaftaran bakal pasangan calon berakhir tanggal 9 februari nanti, selanjutnya pihak KPU Majene akan mengadakan pemeriksaan kesehatan menyeluruh para bakal calon dan melakukan proses verifikasi seluruh dokumen pencalonan dari para bakal pasangan calon. Sesuai tahapan pemilukada Majene, pengumuman pasanga calon yang memenuhi syarat akan ditentukan pada 25-26 Maret 2011, dan dilanjutkan dengan penetapan, penentuan dan pengumuman nomor urut pasangan calon pada 27-28 Maret 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar